Lintas Kota Salatiga

Senin, 22 Maret 2010

DPU Menginventarisasi Saluran Rusak

Musim hujan sudah berjalan sejak lama, karena curah hujan di Salatiga cukup tinggi mengakibatkan beberapa fasilitas umum rusak. Menikapi cuaca tersebut Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Salatiga menginspeksi fasilitas yang rusak. Pencatatan kerusakan tersebut terlaksana pada tanggal 25 Februari 2010.

Tim yang berjumlah tiga orang tersebut menyusuri beberapa saluran penting di Salatiga. Mereka adalah Suyitno, Suyono dan Nova dari Bidang Pengairan DPU Salatiga. Lokasi yang dituju adalah Jl. Hasanudin berupa saluran besar rusak akibat curah hujan deras dan getaran jalan, trotoar Jl. Kalinongko yang juga rusak, trotoar Jl Veteran, Jl Diponegoro depan SD N Sidorejo dan Halte Bus Poltas.

Ketiganya mengamati kerusakan saluran dan mengecek material bangunan serta kemungkinan terjadinya kerusakan Saluran. Jl. Kalinongko ini berada di bawah trotoar untuk pejalan kaki, saluran dibuat dengan bis beton buatan pabrik.

Saya menilai ini kurang kuat, seharusnya saluran ini dibuat gorong-gorong ditutup dengan plat beton cor sehingga kuat baru permukaan diurug baru ditata paving trotoar” terang Suyitno sambil menulis data kerusakan. “Selain itu kerusakan saluran biasanya disebabkan karena mepet dengan jalan, sehingga getaran jalan akibat kendaraan pun menjadi factor.

Selain itu juga pergeseran tanah dan cincin batu bata penyambung beton tidak rapat sehingga bocor dan Lumpur masuk ke celah tersebut” tambah Suyitno sambil menunjuk cinncin beton yang terlihat di trotoar Jl. Kalinongko.(lux)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
template : HB  |    by : boedy's