Lintas Kota Salatiga

Senin, 26 Juli 2010

Gamelan Elektronik

Vol. 04/03/2010

Gamelan merupakan suatu warisan budaya yang sangat luhur yang dimiliki oleh masyarakat Jawa. Sebuah budaya adiluhung yang merupakan kebanggaan bagi masyarakat Jawa bahkan Indonesia karena sudah cukup dikenal hingga kemanca negara. Dalam perkembangan teknologi yang sudah sangat modern saat ini ternyata gamelan tersebut dapat dimainkan dengan menggunakan perangkat elektronik, sehingga tidak diperlukan lagi peralatan yang cukup banyak seperti saat ini.

Peragaan gamelan dengan alat elektronik tersebut telah dilakukan oleh para pecinta seni dari kalangan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) pada acara pencanangan Grand Design , Pembangunan dan Pengembangan SMA Jawa Tengah tanggal 25 Mei yang lalu. Acara yang bertempat di Pondok Remaja Salib Putih tersebut dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Formal dan Non Formal Kemendiknas Hamid Muhamad, Wakil Walikota Salatiga dan segenap perwakilan dari SMA se Jawa Tengah.

Perangkat elektronik yang digunakan berupa sebuah laptop yang digunakan untuk mewakili setiap jenis perangkat gamelan, dalam hal ini setiap laptop telah diseting untuk menjadi sebuah perangkat gamelan, seperti menjadi sebuah Bonang, Gong, Saron maupun Gambang. Namun demikian keberadaan laptop tidak akan pernah menggusur keberadaan perangkat gamelan yang ada. Ini merupakan sebuah pengembangan untuk memperkaya budaya leluhur yang ada di tanah air.(HB_9)

1 komentar:

  1. Salut dgn inovasinya...semoga anatomi gamelan sebagai instrument tidak hilang karena telah d virtualisasikan...:)

    BalasHapus

 
template : HB  |    by : boedy's