Lintas Kota Salatiga

Senin, 26 Juli 2010

SMK Muhammadiyah, Siap Membuat Produk Spesial

Vol. 04/03/2010

Sejalan dengan program SMK ''Bisa'' yang telah dicanangkan pemerintah, SMK Muhammadiyah Salatiga yang berbekal kemampuan tekniknya, siap membuat produk-produk spesial. Berbagai mesin telah dihasilkan siswanya dan banyak yang telah dipasarkan langsung ke konsumen masyarakat. Salah satu produk siswa yakni mesin pemotong rumput yang telah dipamerkan pada Hardiknas lalu di Lapangan Pancasila.

Kepala SMK Muhammadiyah Drs Surono M.Pd mengatakan bahwa kreasi membuat mesin bagi siswa SMK Muhammadiyah Salatiga sepenuhnya merupakan kreativitas siswa dengan bimbingan guru praktik. Sebelum membuat mesin tertentu, siswa diwajibkan membuat proposal yang berisi tentang kebutuhan anggaran serta gambar teknisnya. ''Dengan dasar tersebut sekolah akan memberikan dana bagi kebutuhan siswanya dalam menciptakan mesin tertentu,'' ujarnya.

Bila sekolah menyatakan bahwa proposal siswa tersebut layak, maka siswa harus dapat menyelesikan rencana pembuatannya hingga selesai. Keberhasilan siswa menyelesaikan pekerjaan, merupakan bagian dari penilaian atas kemampuannya menguasai praktik kerja di sekolah. ''Berhasil membuat sebuah mesin atau peralatan membuktikan bahwa siswa kita siap bekerja dan berkarya menciptakan produk teknologi,'' terang Surono selaku Kepala Sekolah.
Penerapan teknologi tepat guna tersebut, setidaknya dapat membantu masyarakat mengembangkan usaha. Seperti mesin gergaji kayu, mesin parut kelapa, penggilingan padi, dan mesin bubut. Harga yang ditawarkan umumnya terjangkau masyarakat.(HB_5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
template : HB  |    by : boedy's